MANUSIA DAN CINTA KASIH
Latar Belakang
Cinta merupakan
pengalaman yang sangat menarik yang pernah kita alami dalam hidup ini. Sangat
disesali, orang pada umumnya masih bingung akan apakah cinta itu sesungguhnya.
Kebingungan mereka semakin bertambah ketika dunia perfileman memperkenalkan
arti cinta yang salah dimana penekanan akan cinta selalu dititik beratkan pada
perasaan dan cerita romantika.
Dari jaman
dulu sampai sekarang hakikat cinta kasih masih menjadi perbincangan yang tidak
dibatasi secara jelas dengan makna yang luas pula. Walaupun, sulit juga untuk
diungkapkan dan diingkari bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia
yang cukup fundamental. Begitu fundamentalnya sampai-sampai membawa Khalil
Gibran, seorang punjagga terkenal, berpendapat bahwa “Cinta hanyalah
sebuah kemisterian”. Cinta sangat erat dalam kehidupan dan tidak bias di
pisahkan dalam kehidupan. Tidak pernah selintas pun orang berpikir bahwa cinta
itu tidak penting. Mereka haus akan cinta, mereka butuh akan cinta.
Kendati pun
demikian, hampir setiap orang tidak pernah berpikir tentang apa dan bagaimana
cinta itu. Padahal berpikir tentang apa dan bagaimana cinta
itu, cinta bisa diibaratkan sebagai suatu seni yang sebagaimana
bentuk seni lainnya sangat memerlukan pengetahuan dan latihan untuk bisa
menggapainya.
Begitupun dengan
kasih sering sekali kita terkecoh bahkan sulit untuk membedakan cinta dan kasih
itu sendiri. Oleh karena itu, penulis sangat tertarik mengambil judul makalah
Manusia dan Cinta Kasih, agar dapat membantu kita semua untuk lepas dari
ketidak jelasan Cinta Kasih yang selalu menjadi bahan perenungan, diskusi,
cerita yang tidak pernah ada akhirnya.
Makna
kasih sayang
Kasih..
Kita sering mengucapkan kalimah basmalah yang membawa maksud “Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Mengasihani”. Allah SWT sebenarnya sangat mengasihi kita sebagai hambaNya. Dan jika kita halusi mengapa Allah SWT mengasihi manusia sudah tentu hanya kerana Allah SWT mempunyai belas kasihan terhadap hambaNya. Rasa kasih sebenarnya terselit rasa belas kasihan terhadap seseorang. Begitu juga Allah SWT mengasihi kita selayaknya kerana kita lemah dan perlu dikasihani. Dalam hubungan sesama manusia, kasih kadang-kadang menjadi titik bermulanya rasa sayang dan seterusnya rasa cinta. Dari kasihan akan terbit rasa sayang yang begitu kuat. Sebab itu dalam Bahasa Melayu perkataan kasih selalunya digabungkan sekali dengan perkataan sayang. Jadi tidak hairanlah mengapa Rasulullah sendiri berkahwin dengan isteri-isterinya yang banyak kekurangan. Rasa belas kasihan kerana tidak mampu melihat kesusahan wanita-wanita yang kehilangan suami kerana syahid telah mengangkat baginda untuk menyayangi dan mencintai mereka sebagai isteri.
Sayang..
Perkataan yang sukar untuk dibezakan dan diterjemahkan terutama dalam hubungan perasaan sesama manusia. Menyayangi seseorang belum tentu mencapai tahap mencintai kerana menyayangi lebih luas skopnya berbanding mengasihi. Anda mungkin menyayangi sahabat anda, keluarga anda, guru anda atau sesiapa sahaja. Tetapi berbeza jika anda mengatakan bahawa anda menyayangi isteri anda. Kerana rasa sayang kepada isteri sebagai teman hidup memberikan maksud anda mencintai pasangan anda sedalam-dalamnya.
Namun fahamilah, sebenarnya rasa sayang sudah memadai untuk anda melihat pengorbanan yang bakal dilakukan oleh orang yang menyayangi anda. Pengorbanan yang mungkin dilakukan luar dari kebiasaan emosi manusia. Rasa sayang akan memberikan kesan yang berpanjangan sama ada anda sebagai orang yang menyayangi dan disayangi kerana rasa akan dapat dihalusi wujudnya keikhlasan dalam setiap tindakan yang dilakukannya. Keikhlasan inilah yang akan memberikan rasa sayang berpanjangan dan terus mendoakan kebahagiaan untuk orang yang tersayang.
Kita sering mengucapkan kalimah basmalah yang membawa maksud “Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah Lagi Maha Mengasihani”. Allah SWT sebenarnya sangat mengasihi kita sebagai hambaNya. Dan jika kita halusi mengapa Allah SWT mengasihi manusia sudah tentu hanya kerana Allah SWT mempunyai belas kasihan terhadap hambaNya. Rasa kasih sebenarnya terselit rasa belas kasihan terhadap seseorang. Begitu juga Allah SWT mengasihi kita selayaknya kerana kita lemah dan perlu dikasihani. Dalam hubungan sesama manusia, kasih kadang-kadang menjadi titik bermulanya rasa sayang dan seterusnya rasa cinta. Dari kasihan akan terbit rasa sayang yang begitu kuat. Sebab itu dalam Bahasa Melayu perkataan kasih selalunya digabungkan sekali dengan perkataan sayang. Jadi tidak hairanlah mengapa Rasulullah sendiri berkahwin dengan isteri-isterinya yang banyak kekurangan. Rasa belas kasihan kerana tidak mampu melihat kesusahan wanita-wanita yang kehilangan suami kerana syahid telah mengangkat baginda untuk menyayangi dan mencintai mereka sebagai isteri.
Sayang..
Perkataan yang sukar untuk dibezakan dan diterjemahkan terutama dalam hubungan perasaan sesama manusia. Menyayangi seseorang belum tentu mencapai tahap mencintai kerana menyayangi lebih luas skopnya berbanding mengasihi. Anda mungkin menyayangi sahabat anda, keluarga anda, guru anda atau sesiapa sahaja. Tetapi berbeza jika anda mengatakan bahawa anda menyayangi isteri anda. Kerana rasa sayang kepada isteri sebagai teman hidup memberikan maksud anda mencintai pasangan anda sedalam-dalamnya.
Namun fahamilah, sebenarnya rasa sayang sudah memadai untuk anda melihat pengorbanan yang bakal dilakukan oleh orang yang menyayangi anda. Pengorbanan yang mungkin dilakukan luar dari kebiasaan emosi manusia. Rasa sayang akan memberikan kesan yang berpanjangan sama ada anda sebagai orang yang menyayangi dan disayangi kerana rasa akan dapat dihalusi wujudnya keikhlasan dalam setiap tindakan yang dilakukannya. Keikhlasan inilah yang akan memberikan rasa sayang berpanjangan dan terus mendoakan kebahagiaan untuk orang yang tersayang.
Pengertian kasih sayang
Pengertian kasih sayang menurut kamus
umum bahasa Indonesia karangan W.J.S Poerwadaminta yitu perasaan sayang,
perasaan cinta atau perasaan suka pada seseorang. Dalam berumah tangga kasih
sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari
cinta. Dalam kasih sayang sadar atau tidak dituntut tanggung jawab,
pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling
terbuka, sehingga keduannya merupakan suatu kesatuan yang utuh.
Seorang remaja menjadi frustasi, morfinis, berandalan dan sebagainya itu
disebabkan karena kekurangan perhatian dan kasih sayang dalam kehidupan
keluarga.
Makna Kasih Sayang
Kata kasih dan sayang itu mengandung
pengertian yang sangat luas. Dan yang pasti setiap insan manusia perlu tahu dan
mengerti apa makna kasih sayang yang sebenarnya, sekaligus
memilikinya di dalam sanubari.
Seseorang akan terlanda kekeringan
jiwa jika hidup tanpa memiliki kasih maupun sayang. Apapun yang terjadi, pasti
dia akan selalu ingin cintai sekaligus mencintai orang lain. Dari pertama kali
lahir di dunia sampai ajal menjemput.
Kasih sayang merupakan sesuatu paling
mendasar yang diterima setiap insan. Kasih sayang juga bisa dikatakan sebagai
suatu hak yang harus diterima, karena secara psikologi sangat berpengaruh dalam
tumbuh kembangnya seseorang.
Kasih dan sayang yang dimaksud di sini
bukan sekadar hubungan cinta atau asmara antara seorang laiki-laki dan
perempuan saja, melainkan lebih bersifat universal. Dengan begitu, hal ini bisa
terjadi terhadap sahabat, saudara, keluarga dan lain-lain.
Dan yang perlu ditekankan adalah,
bahwa kasih dan sayang yang tulus itu selalu punya sifat yang ikhlas dan lebih
banyak memberi daripada menerima. Kepentingan diri sendiri sering dinomor
duakan demi memberi kebahagiaan pada orang yang dikasih dan disayanginya.
Dalam makna lain, kasih sayang
merupakan rasa yang didambakan setiap insan di dunia. Salah satunya adalah
kasih sayang serang ibu kepada anaknya dan sebaliknya. Rasa kasih sayang
tersebut akan muncul ketika ada perasaan iba dan simpatik dalam diri kepada
yang dikasihi. Namun, munculnya rasa kasih sayang tersebut tidak bisa
dibuat-buat, tetapi uncul dengan sendirinya tanpa direkayasa.
Setiap insan ingin dirinya disayangi,
sayangilah juga orang lain. Dengan merasakan rasa sayang tersebut, setiap insan
bisa merasakan kebahagiaan yang hakiki. Apabila sifat sayang tersebut mulai
luntur dan sifat dendam makin besar, akan menjanjikan kehancuran bagi suatu
bangsa maupun masyarakat.
Makna kemesraan
Kemesraan berasal
dari kata dasar ‘mesra’, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan
adalah hubungan akrab baik antara pria dan wanita yang sedang dimabuk asmara
maupun yang sudah berumah tangga. Kemesraan merupakan perwujudan kasih sayang
yang telah mendalam. Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau
kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta. Kemesraan dapat menimbulkan
daya kreativitas manusia. Kemesraan dapat menciptakan berbagai bentuk seni
sesuai dengan kemampuan bakatnya. Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan
cinta atau perasaan suka kepada seseorang. Dengan perasaan cinta dan suka
kepada seseorang itu berkembang dan mengikat dan membentuk sebuah embrio yang
disebut dengan cinta. Cinta adalah sebuah perasaan yang diberikan oleh Tuhan
pada sepasang manusia untuk saling mencintai, saling memiliki, saling memenuhi,
saling pengertian. Dengan cinta yang sudah dibentuk dan terbentuk itu akan
menciptakan suatu kemesraan. Kemesraan cintan membuat orang semakin saling
mencintai dan dicintai. Kemesraan adalah hubungan akrab baik antara pria dan
wanita yang sedang dimabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga. Pada
akhirnya dengan perpaduan kasih sayang, cinta dan kemesraan tersebut akan
menciptakan suatu keharmonisan dalam kehidupan berumah tangga maupun dalam
menjalin hubungan cinta dengan kekasih kita.
Ada pula, Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
• Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
Ada pula, Tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
• Kemesraan dalam Tingkat Remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
Makna belas kasihan
Belas kasih
(composian)adalah kebajikan -satu di mana kapasitas emosional empati dan
simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu
sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar
ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian .
Ada aspek belas kasih yang menganggap dimensi kuantitatif, seperti individu
belas kasih yang sering diberi milik kedalaman,kekuatan atau gairah.
Lebih kuat
dari empati , merasakan umumnya menimbulkan aktif keinginan untuk meringankan
penderitaan orang lain. Hal ini sering, meskipun tidak pasti, komponen kunci
dalam apa yang memanifestasikan dalam konteks sosial .Dalam etika istilah,
berbagai ungkapan bawah usia yang disebut Golden Rule mewujudkan oleh implikasi
prinsip kasih sayang: untuk orang lain apa yang Anda ingin mereka lakukan
untuk Anda .
Makna pemujaan
Pemujaan berasal dari kata puja yang berarti
penghormatan atau tempat memuja kepada dewa – dewa atau berhala. Dalam
perkembangannya kemudian pujaan ditujukan kepada orang yang dicintai, pahlawan
dan Tuhan YME. Pemujaan kepada Tuhan adalah perwujudan cinta manusia kepada
Tuhan, karena merupakan inti , nilai dan makna dari kehidupan yang sebenarnya.
Cara Pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan. Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan merupakan suatu tambahan tersendiri dalam terciptanya kehidupan yang lebih indah.
Cara Pemujaan dalam kehidupan manusia terdapat berbagai perbedaan sesuai dengan ajaran agama, kepercayaan, kondisi dan situasi. Tempat pemujaan merupakan tempat komunikasi manusia dengan Tuhan. Berbagai seni sebagai manifestasi pemujaan merupakan suatu tambahan tersendiri dalam terciptanya kehidupan yang lebih indah.
Pemujaan adalah perwujudan cinta manusia kepada
Tuhan. kecintaan manusia kepada tuhan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan
manusia. hal ini, dikarenakan pemujaan kepada tuhan adalah inti dan makan
kehidupan yang sebenarnya. penyebab hal itu terjadi adalah Tuhan pencipta alam
semesta.
Makna cinta kasih erotis
Pengertian
Cinta
kasih erotis yaitu kehausan akan penyatuan yang sempurna, akan penyatuan dengan
seseorang lainnya. cinta kasih erotis bersifat ekslusif, bukan universal, pertama-tama
cinta kasih erotis kerap kali di campurbaurkan dengan pengalaman yang dapat di
eksplosif berupan jatuh cinta. Tetapi seperti yang telah dikatakan terlebih
dahulu , pengalaman intimitas, kemesraan yang tiba-tiba ini pada hakekatnya
hanya sementara.
Keinginan seksual menuju kepada penyatuan diri, tetapi sekali-kali bukan merupakan nafsu fisi belaka, untuk meredakan ketegangan yang menyakitkan. Rupanya keinginan seksual dengan mudah dapat di dicampuri atau di stimulasi oleh tiap-tiap perasaan yang mendalam.
Dalam
cinta kasih erotis terdapat eksklusivitas yang tidak terdapat dalam cinta kasih
persaudaraan dan cinta kasih keibuan, sering kali eksklusivitas dalam cinta
kasih erotis di salah tafsirkan dan di artikan sebagai suatu ikatan hak milik,
contoh sering kita jumpai separang orang-orang yang sedang saling mencintai
tanpa merasakan cinta kasih terhadap setiap orang lainya.
Cinta kasih erotis apabila ia benar-benar
cinta kasih, mempunyai satu pendirian yaitu bahwa seseorang sunguh-sunguh
mencintai dan mengasihi dengan jiwanya yang sedalam-dalamnya dan menerima
pribadi orang lain(wanita ataupun pria). Hal ini merupakan dasar gagasan bahwa
suatu pernikahan tradisional, yang kedua mempelainya tidak pernah memilih
jodohnya sendiri, beda halnya dengan kebudayaan barat/ zaman sekarang, gagasan
itu ternyata tidak dapat diterima sama sekali. Cinta kasih hanya di anggap
sebagai hasil suatu reaksi emosional dan spontan.
Dengan demikian, bahwa cinta kasih erotis
merupakan atraksi individual belaka maupun pandangan bahwa cinta kasih erotis
itu tidak lain dari perbuatan kemauan.
Makna
Kasih sayang yang bersumber dai cinta erotis (birahi)
merupakan sesuatu yang sifatnya khusus sehingga memperdayakan cinta yang
sesunguhnya. Namun, bila orang yang melakukan hubungan erotis tanpa disadari
rasa cinta, di dalamnya sama sekali tidak mungkin timbul rasa kasih sayang.
MANUSIA DAN KEINDAHAN
Latar belakang
Keindahan
berasal dari kata indah.Keindahan berarti sesuatu yang baik,menyenangkan,ilmu
yang indah ,kebajikan yang indah atau sebagai bentuk yang indah .Keindahan
sangat berhubungan era dengan manusia,seni,keserasian,kehalusan.Kata orang
tanpa ada keindahan adalah manusia yang mati sebelum waktunya.Bisa jadi,karena
keindahan adalah pelengkap hidup manusia.
Maka bila
manusia yang hidup tanpa keindahan pada hakikatnya dia sudah mati. Keindahan
bisa membuat kita gembira, bersyukur, dan lain-lain. Orang yang hidup tanpa
keindahan pada realita maka dia akan cenderung kurang bersemangat. Oleh karena
itu, dalam makalah ini kita dapat mengetahui lebih dalam manusia dan keindahan.
Makna keindahan
Pengertian keindahan
Keindahan berasal
dari kata Indah, Keindahan atau "Beauty" adalah sifat dari sesuatu
yang memberi kita rasa senang bila melihatnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,Keindahan
diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok.
Keindahan juga dapat memberikan kita rasa keingintahuan tentang hal tersebut
semakin terus bertambah. Contohnya Suara, Warna, dan sebagainya. Semua itu ter
masuk indah yang merupakan ciptaan Tuhan secar a langsung.
Tidak demikian
halnya dengan keindahan yang merupakan karya cipta manusia. Keindahan yang
merupakan karya cipta manusia itu dibatasi oleh ruang dan waktu.
Meskipun keindahan karya cipta manusia itu universal,
akibat pemaknaannya akan ber beda. Per bedaan itu dibatasi oleh r
uang dan waktu. Keindahan juga identik dengan kebenaran. Keindahan adalah
kebenaran, dan kebenar an adalah keindahan. Keduanya memiliki nilai yang sama
yaitu abadi, dan mempunyai daya tarik yang bertambah, yang tidak mengandung
kebenaran berarti tidak indah. Sesuatu yang mengandung kebenaran (bukan tiruan/
Asli) Keindahan juga bersifat Universal, yang tidak terikat oleh selera
perorangan, waktu dan tempat, selera mode, kedaerahan. Kemudian pertanyaannya
apakah keindahan itu? Apakah nilaiEsteti k itu? Yang mendorong manusia
menciptakan keindahan.
Menurut sejarah
Yunani kuno abad 18, pada saat itu pengertian keindahan telah di pelajari oleh
para Filsuf. MenurutThe Liang Gie dalam bukunya “ Garis Besar Estetik”
(Filsafat Keindahan), dalam bahasa Inggris Keindahan diterjemahkan dengan kata
“Beautiful” , bahasa Perancis “Beau” , Italia dan Spanyol “Bello” , kata-kata
itu berasal dari bahasa Latin “Bellum” , akar katanya adalah “Bonum” yang ber
ar ti Kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi “Bonellum” dan
terakhir dipendekkan menjadi “bellum”. Kemudian menurut luas cakupannya,
Keindahan dibedakan menjadi tiga macam penger tian, yaitu :
a) Keindahan
Dalam Ar ti Luas
Keindahan dalam arti luas, menurutThe
Liang Gie, mengandung gagasan tentang kebaikan. Untuk ini bisa dilihat misalnya
dari pemikiran Plato, yang menyangkut adanya watak yang indah dan hukum yang
indah: Aristoteles yang melihat keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga
menyenangkan; Plotinus yang ber bicar a tentang ilmu yang indah dan kebajikan
yang indah atau bisa pula disimak dari apa yang biasa dibicar akan oleh or ang-
or ang Yunani mengenai buah pikir an yang indah dan adat kebiasaan yang indah.
Tetapi bangsa Yunani juga mengenal pengertian keindahan dalam arti estetik
disebutnya “ Syimmetria” , untuk keindahan berdasarkan pengelihatan.
(misalnya pada seni pahat dan arsitektur) dan “Har monia” untuk
keindahan bedasar kan pendengar an (musik).
Jadi pengertian
yang seluas-luasnya meliputi :
a) Keindahan
Seni
b) Keindahan
Alam
c) Keindahan
Moral
d) Keindahan
Intelektual
b) Keindahan
Dalam Arti Estetika Murni
Hal ini murni
menyangkut pengalaman estetik seseorangdalam hubungannya dengan segala sesuatu
yang diser apnya.
c) Keindahan
Dalam Ar ti Ter batas
Keindahan dalam arti terbatas
mempunyai arti yang lebih disempitkan sehingga hanya menyangkut benda-benda
yang dapat diserap dengan Indera Penglihatan, yakni berupa keindahan bentuk dan
warna. Filsuf seni merumuskan keindahan sebagai kesatuan hubungan
yang terdapat antara penerapan-penerapan inderawi kita (Beauty is unity of
formal realitions of our sense percepctions).Thomas Aquinos(1225-1274)
mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bila mana dilihat
(Id qout visum placet).
Kata estetika berasal dari kata
Aesthesis yang artinya perasaan atau sensitivitas, karena memang pada awalnya
pengertian ini berhubungan dengan lidah dan perasaan. Dalam pengertian teknis,
Estetika adalah ilmu keindahan atau ilmu yang mempelajari keindahan,
kecantikan secara umum. Pengertian ini berdasarkan kepada, bila kita memandang
sesuatu obyek dan obyek itu dapat member ikan r asa senang, puas dan sebagainya
yang sejalur dengan kata tersebut, maka dapat dikatakan obyek yang dipandang
itu mengandung keindahan. Dalam perkembangannya, pengertian ini, kemudian
berubah meluas, tidak lagi berkaitan dengan lidah dan per asaan, tetapi ber
hubungan dengan pikir an, etika dan logika.
TeoriThe Liang
Gie menjelaskan bahwa, pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis
nilai seperti halnya nilai Moral, nilai Ekonomi, nilai Pendidikan, dan
sebagainya. Nilai yang ber hubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam
pengertian keindahan disebut Nilai Estetik.
Dibawah ini adalah alasan dan tujuan manusia
menciptakan keindahan :
a) Tata
nilai yang telah usang
Tata nilai yang
sudah tidak sesuai dengan kondisi dan keadaan pada zaman sekarang, sehingga
dirasakan sebagai hambatan yang dapat merugikan nilai- nilai kemanusiaan dan
dipandang sebagai hak- hal dapat mengurangi nilai moral bermasyarakat, sehingga
bisa dikatakan tiodak indah.
b) Kemerosotan
zaman
Keadaan yang
merendahkan derajat dan nilai kemanusiaan ditandai dengan kemerosotan moral.
Kemerosotan moral dapat diketahui dari tingkah laku dan perbuatan bejat
terutama dari segi kebutuhan seksual. Kebutuhan seksual ini dipenuhinya tanpa
menghiraukan ketentuan- ketentuan agama dan norma-norma yang berlaku dalam
masyarakat. Yang demikian itu tidak baik, yang tidak baik iu tidak indah.
c) Penderitaan
Manusia
Penderitaan
merupakan hal yang pernah dialami semua orang, dan hal ini merupakan resiko
hidup manusia, yang diberikan oleh Tuhan agar manusia sadar untuk tidak menjauh
dariNya. Walaupun penderitaan adalah r esiko hidup manusia, tapi hampir semua
or ang menyukai adanya penderitaan, dan menganggap penderitaan merupakan hal
yang tidak baik, yang tidak baik iu tidak indah.
d) Keagungan
Tuhan
Keindahan mer
upakan anuger ah yang diber ikan oleh manusia dan maka dari itu kita sebagai
manusia wajib mensyukurinya, dan sebagian dari kita mengungkapkan rasa syukur
tersebut dalam bentuk karya seni, seperti melukis pemandangan, yang merupakan
hasil karya seni yang Agung yang diciptakanoleh Allah untuk kita sebagai
hambanya.
B. Makna
Keindahan
Sebenarnya yang
namanya keindahan itu secar a akademis sudah dikaji manusia sejak abad ke
delapan belas, pada saat para filsuf banyak tertarik untuk mengembangkan
estetika, salah satu cabang dar i filsafat yang tidak lain ber bicar a soal
keindahan.
Beberapa definisi
keindahan berdasarkan pendapat para ahli antara lain :
·
Mortiner
Adler mendefinisikan keindahan adalah Sifat dari suatu benda yang
memberi kita kesenangan yang tidak berkepentingan yang kita
bisamemper ol ehnya semata-mata dari memikirkan atau melihat benda individual
itu sebagaimana adanya.
·
Thomas
Aquinas mendefinisikan keindahan adalah Sesuatu yang menyenangkan ketika
dilihat.
·
Charles
J. Bushell mendefinisikan keindahan adalah Kualitas yang mendatangkan penghar
gaan yang mendalam tentang bebagai nilai atau ideal
yang membangkitkan semangat Kei ndahan adal ah per paduan dari
sesuatu yang baik bentuknya dengan yang ber tenaga hidup. Kini studi estetika
sebagai ilmu yang dipelajari bukanlah cara untuk menikmati
keindahan, tetapi usaha
·
David
Hume Hamsterhuis mendefinisikan keindahan adalah Yang indah adal ah yang paling
banyak mendatangkan r asa senang, dan itu adal ah yang dalam waktu
sesingkat- singkatnya paling banyak member ikan pengalaman yang
menyenangkan
·
Kahlil
Gibran Keindahan adalah sesuatu yang menarik jiwamu. Keindahan
adalah cinta yang tidak memberi namun menerima
·
Winchelmann
: Keindahan dapat ter lepas sama sekali dari kebaikan
·
Sulzer :
Yang indah hanyalah yang baik. Jika belum baik ciptaan itu belum
indah. Keindahan harus dapat memupukan rasa moral. Jadi ciptaan-
ciptaan yang amoral tidak bisa dikatakan indah, kar ena tidak
dapat digunakan untuk memupuk moral
Dengan melihat
demikian beragamnya pengertian keindahan, dan kita harus percaya bahwa yang di
atas itu hanyalah sebagian kecil, boleh jadi akan mengecewakan kita yang
memuaskan. Namun demikian, dar i ber bagai penger tian yang ada, sebenarnya,
kita bisa menempatkannya dalam kelompok-kelompok pengertian tersendiri, paling
tidak kita bisa menangkap arah atau kecenderungan dari suatu pengertian yang
dikemukakan seseor ang sesuai dengan pengelompokan seseorang sesuai dengan
pengelompokan-pengelompokan yang ada. Pengelompokan-pengelompokan
yang bisa kita buat adalah sebagai berikut :
1) Pengelompokan
pengertian keindahan berdasar pada titik pijak atau landasannya. Dalam hal ini
ada 2 pengertian keindahan, yaitu yang bertumpu pada objek dan subjek. Yang
pertama, yaitu yang bertumpu Keindahan Objektif, adalah keindahan yang memang
ada pada objeknya sementar a kita sebagai pengamat har us mener ima
sebagaimana mestinya. Sedangkan yang kedua, yang disebut Keindahan Subjektif;
adalah keindahan yang biasanya ditinjau dari segi subjek yang melihat dan
menghayatinya. Disini keindahan diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat
menimbulkan rasa senang pada diri si penikmat dan penghayat (Subjek) tanpa
dicampuri keinginan–keinginan yang bersifat praktis, atau kebutuhan-kebutuhan
pribadi si penghayat.
2) Pengelompokan
pengertian keindahan dengan berdasar pada cakupannya. Bertitik tolak dari
landasan ini kita bisa membedakan antara keindahan sebagai kualitas abstr ak
dan keindahan sebagai sebuah benda ter tentu yang memang indah. Perbedaan
semacam ini lebih tampak, misalnya dalam penggunaan bahasa inggris yang
mengenalnya istilahBeau t y untuk keindahan yang pertama, dan isitilahThe
beautiful untuk pengertian yang kedua, yaitu benda atau hal- hal ter tentu yang
memang indah.
3) Pengelompokan
pengertian keindahan berdasar luas-sempitnya. Dalam pengelompokan ini kita bisa
membedakan antara pengertian keindahan dalam ar ti luas, dalam ar ti estetik
mur ni, dan dal am ar ti yang ter batas. Dar i apa yang dikemukakan
di atas, dua hal bisa kita petik, yaitu : Per tama, keindahan menyangkut
persoalan filsafati, sehingga jawaban terhadap apa itu keindahan sudah bar ang
tentu bisa ber macam- macam. Kedua, keindahan sebagai pengertian mempunyai
makna relatif, yaitu sangat tergantung kepada subjeknya.
Makna renungan
Renungan berasal dari kata renung. Merenung artinya
dengan diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu secara mendalam.
Renunagn adalah hasil merenung .
Orang yang merenungkan setiap kegiatannya/segenap
pengetahuannya yang dia miliki dapat disebut berfilsafat. Tetapi tidak semua
orang mampu berpikir kekilsafan. Dimana kekilsafan mendasarkan diri pada
penalaran. Penalarab adalah prosesd berpikir yang logis dan analitis. Berpikir
merupakan kegiatan kegiatan untuk menyusun pengetahuan yang benar. Sedang
analisis adalah kegiatan. Berpikir berdasarkan langkah-langkah tertentu
sehingga pengetahuan yang kita peroleh disebut pengetahuan-pengetahuan tidak
langsung.
Setiap pernah orang merenung. Sudah tentu kadar
renungannya satu sama lain berbed, meski objek yang direnungkan itu tergantung
kepada obyek dan subyek
Ada 3 macam pemikiran kefilsafatan
adalah sebagai berikut:
1. menyeluruh,
artinya pemikiran yang luas bukan hanya ditinjau sudut pandangan
tertentu. Tetapi ingin mengetahui ilmu yang satu dengan ilmu yang lain.
Contoh dengan moral dan seni dan tujuan hidup
2. mendasar,
artinya pemikiran yang dalam sampai kepada hasil yang fundamental.(keluar
gejala) sehingga dapat dujadikan dasar berpijak bagi segenap bidang
keilmuan.
3. spekulatif
artinya hasil pemikiran yang dapat dijadikan dasar untuk pemikiran-pemikiran
selanjutnya. Hasil pemikiran selalu dimaksudkan sebagai dasar untuk menjelajah
wilayah pengetahuan yang baru.
Metafisika
adalah cabang filsafat yang paling umum, mendasar dan kritik spekulatif.
Renungan
atau pemikiranyang dibahas dalam modul ini adalah yang berhubungan dengan
keindahan. Tanpa direnungkan hasil seni tidak mencapai keindahan
Renungan
atau pemikiran berhubungan dengan keindahan didasarkan atas 3 macam
teri yaitu:
1. teori
metafisika, plato mendalilkan adanya dunia ide para taraf yang tertinggi,
sebagai realita illahi itu.
2. teri
pengungkapan, dam teori ini dikatakan oleh Benedelto Croce. Bahwa seni adalah
pengungkapan kesan-kesan yang dimiliki seserang
3. teori
psikolgis, dinyatakan bahwa proses penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan
bawah sadar dari serang seniman.
Dalam
proses jiwa seniman pada waktu merenung dalam rangka menciptakan seni,menurut
ke ats menyatakan bahwa, untuk mengatasai rasa ragu-ragu atau takut yang
meledakkan imajinasi, dan imajinasi ini membentuk keindahan.
Konsep
keindahan adalah abstrak, knsep itu baru dapat berkbmunikasisetelah diberi
bentuk.
Contoh
Geserng bermain di Bengawan Solo, setelah bermain ia merenung, dan dia pun
menemukan konsep keindahan, tetapi konsep keindahan belum berkomunikasi,
setelah diberi benrtuk barulah berkomunikasi, yaitu lagu-lagu “Bengawan Solo”.
Makna keserasian
Keserasian
berasal dari kata serasi. Serasi dari kata dasar rasi artinya cock, sesuai atau
kena benar. Kata cock , sesuai atau kena mengandun insur pengertian perpaduan,
pertentangan, ukuran , dan seimbangan. Contohnya
orang berpakaian antar kulit dan warna yang dipakai cocok.
Dalam
memadu rumah dan halaman, rumah yang bagus, dengabn halaman yang luas dan
tersusun rapi dengan bunga-bunga yang indah-indah, orang akan memuji keserasian
itu, tetapi sebaliknya, rumah yang bagus, yang tidak mempunyai halaman tentu
orang akan mengatakan “sayang” jadi dalam memadu rumah dan halaman ada unsur
ukuran-ukuran yang seimbang.
Dalam
berpakain sangat diutamakan keserasian warna dan bentuk serta potongasn tubuh,.
Ada pria dan ada wanita yang dapat kita kagumi karena kecantikan /ketampanan
pria /waniata yang se4dang duduk, setiap orang yan g melihatnya terheran-heran
melihat wajahnya hampir semua mata memandang kearah wanita atau pria yang
dikagumi itu. Tetapi setelah berdiri, semua orang mengeluh “sayang”, tinggi
orang itu tidak sesuai dengan harapan kita, ternyata terlalu pendek, hal seperti
ini juga menyatakan ukuran.
Karena itu dalam hal keindahan, sebagian besar ahli
pikir, menjelaskan bahwa keindahan pada dasarnya adalah sejumlah kualita/pokok
tertentu yang terdapat pada suatu hal. Kualitas yang paling sering disebut
adalah kesatuan, keselarasan, keseimbanagn dan pertentangan.
Keserasian identik dengan keindahan . sesuatu yang
serasi tentu tampak indah dan yang tidak serasi tidak indah dilihat. Karena
itu, sebagian ahli pikir berpendapat bahwa keindahan adalah sejumlah kualitas
pokok tertentu yang terdapat [pada suatu hal.
Dalam keserlarasan itu seseorang memiliki perasaan
seimbang dan tenang, dan juga mempunyai cita rasa akan sesuatu yang berakhir
dan merasa hidup sesaat ditengah-tengah, kesempurnaan yang menyenangkan hati
dan ingin memperpanjangnya.
Keindahan sangat erat hubungannya dengan keserasian
keindahan itu juga ada hubungan erat dengan seni. Sen ini tidak hanya terdapat
dalam keindahan, seni juga ada diahas dimatematika.
Menurut mahzab Phytagoras yang menciptakan teori
pro[porsi iru mengemukakan bahwa nada-nada yang dikeluarkan oleh seutas sinar
tergantung dari panjang-pendeknya sinar.
Dalam seni ada 6 azas
1. kesatuan
total
2. tema
3. tema variasi
4. keseimbangan
5. perkembangan
6. tata jenjang
matematika mempunyai peran penting dalam seni,
terutama dalam cabang seni bangunan, seni lukis, dan seni musik.
Keserasian tidak ada hubungannya
dengan kemewahan. Sebab keserasian merupakan perpaduan antara warna, bentuk dan
ukuran atau keserasian merupakan pertentangfan antara nada-nada tinggi rendah ,
keras lembut, dan panjang pendek. Kadang-kadang kemewahan menunkang keserasian
tetapi tidak selalu.
Makna keindahan subyektif dan obyektif
Konsep tentang
"keindahan" yaitu :
Konsep
Obyektif
Keindahan obyektif adalah keindahan yang memang ada pada obyeknya, yang
diharuskan menerima sebagaimana mestinya.
Konsep
Subyektif
Keindahan subjektif adalah keindahan yang biasanya ditinjau dari segi
subyek yang diharuskan menghayatinya.
Dalam buku The Liang Gie, garis besar estetika menjelaskan
bahwa dalam menciptakan seni ada 2 teori yaitu :
- Teori objektif : Berpendapat bahwa keindahan atau
ciri-ciri yang mencipta nilai estetik adalah sifat (kualitas) yang memang benar
melekat dalam bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang
mengamatinya. Pendukung teori objektif adalah Plato, Hegel dan Bernard
Bocanquat.
- Teori subjektif : Menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan
keindahan suatu benda itu tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam diri
seseorang yang mengamati sesuatu benda. Pendukung teori subjektif adalah Henry
Home, Earlof Shaffesbury dan Edmund Burke.
Keindahan seni
• Pengertian
keindahan sering mengacaukan pengertian tentang seni, karena sering keindahan
itu disamakan begitu saja dengan seni,jadi berbauran saja tanpa batas.
• Yang dapat
dikatakan keindahan seni (keindahan artistik) ialah keindahan yang dapat
diciptakan manusia.
Ada 2 hal dalam
penilaian keindahan suatu karya :
The beauty : diakui
banyak pihak memenuhi standar keindahan.
The Uggly : oleh
masyarakat banyak biasanya dinilai buruk (tidak memenuhi standar keindahan),
namun jika dipandang dari banyak hal ternyata memperlihatkan keindahan
Keindahan dan kebaikan
komparatif
Kebaikan merupakan
sesuatu yang muncul dari hasil komparasi (perbandingan) dengan yang lainnya,
yang kemudian muncul sebab akibat. Kebaikan dan keindahan karena hukum
kausalitas
Manusia harus bisa
menentukan mana yang baik dan yang buruk sesuai dengan sebab dan akibat yang
ditimbulkannya Inner Beauty Kekuatan kecantikan/ keindahan yang muncul
dari dalam hati nuraniInner beauty dapat diukur dari :
·
Kerelaan untuk
membantu orang lain.
·
Kerendahan hati
·
Kesabaran
·
Keimanan terhadap
Tuhan YME
·
Upaya Membangkitkan inner
beauty :
·
Percaya diri
·
Memancarkan kecantikan
·
Perilaku jujur
·
Perilaku terbuka
·
Perilaku Pemaaf
·
Perilaku Bersih
·
Perilaku Bijaksana
·
Perilaku Lembut
·
Ramah dan Sopan
·
Bersemangat
Seni pada mulanya
adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini,
seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapat diartikan dengan sesuatu yang diciptakan
manusia yang mengandung unsur keindahan.
Seni
sangat sulit untuk dijelaskan dan juga sulit dinilai. Bahwa masing-masing
individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau
kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu
set peraturan untuk penggunaan medium itu.
Definisi
menurut para ahli
Alexander
Baum Garton
Seni adalah
keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam
kebahagiaan.
Aristoteles
Seni adalah
bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari
kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.
Immanuel
Kant
Seni adalah
sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.
Ki
Hajar Dewantara
Seni merupakan
hasil keindahan sehingga dapat menggerakkan persasaan indah orang yang
melihatnya, oleh karena itu perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dapat
menimbulkan perasaan indah itu seni.
Leo
Tolstoy
Seni adalah
ungkapan perasaan pencipta yanng disampaikan kepada orang lain agar mereka
dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.
Sudarmaji
Seni adalah
segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media
bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.
Bentuk Seni
Suatu set
nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat
medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau
perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian,
banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa
garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme
dan bentuk (seperti bakung yang bermakna kematian dan mawar merah yang berarti
cinta). Seni menurut media yang digunakan terbagi 3 yaitu :
1.
Seni yang dapat dinikmati melalui
media pendengaran atau (audio art),
misalnya seni
musik,seni suara,
dan seni sastra seperti puisi dan pantun
2.
Seni yang dinikmati dengan media
penglihatan (Visual art))
misalnya lukisan, poster,seni bangunan,
seni gerak beladiri dan sebagainya.
3.
Seni yang dinikmati melalui media
penglihatan dan pendengaran (audio visual art)
misalnya pertunjukan musik,
pagelaran wayang,film
SUMBER
No comments:
Post a Comment