1.
Pengertian MKDU
Mata kuliah
dasar umum atau Pendidikan umum merupakan pendidikan dasar dan menengah yang
mengutamakan perluasan pengetahuan yang diperlukan oleh peserta didik untuk
melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pendidikan ini diperlukan
di dalam proses belajar mengajar di perguruan tinggi karena keberadaannya bisa
dibilang penting dalam mendampingi mata kuliah utama sesuai jurusan. Adapun
mata kuliah dasar ini diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan ketakwaan
kepada tuhan yang maha esa, kecerdasan, keterampilan, budi pekerti,
kepribadian, dan sebagainya
2.
Tujuan MKDU
Dalam ilmu
sosial dasar disebutkan beberapa tujuan mata kuliah dasar umum, yaitu sebagai
usaha membantu perkembangan kepribadian seorang mahasiswa agar mampu berperan
di dalam anggota masyarakat, bangsa dan agama. Selanjutnya, supaya mahasiswa
bisa lebih peka terhadap masalah-masalah dan kenyataan-kenyataan sosial yang
selalutumbuh dalam masyarakat. Dan yang ketiga dalam pembelajaran mata kuliah
dasar umum yaitu mahasiswa diberikan kemampuan dasar supaya mahasiswa bisa
berfikir seecara interdisipliner.
3.
Pengertian IBD
Ilmu Budaya
Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang nilai-nilai yang terdapat pada
masyarakat dan berbagai macam masalah yang dihadapi manusia sehari-hari.Hal ini
perlu, karena dirasakan kekurangan pada sistem pendidikan kita. Dengan dengan
mempelajari Ilmu Budaya Dasar, diharapkan nantinya memiliki latar belakang
pengetahuan yang cukup luas tentang kebudayaan Indonesia pada umumnya.
Secara sederhana IBD adlah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
“The Humanities” adalah istilah yang digunakan sebelum istilah “Ilmu Budaya Dasat” yang sekarang kita gunakan. The humanities berasal dari bahasa latin humanus yang bisa di artikan manusia, berbudaya dan halus.
Secara sederhana IBD adlah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep untuk mengkaji masalah manusia dan kebudayaan.
“The Humanities” adalah istilah yang digunakan sebelum istilah “Ilmu Budaya Dasat” yang sekarang kita gunakan. The humanities berasal dari bahasa latin humanus yang bisa di artikan manusia, berbudaya dan halus.
Pendapat lain :
Ilmu Budaya Dasar adalah suatu pengetahuan yang menelaah
berbagai masalah kemanusiaan dan budaya, dengan menggunakan
pengertian-pengertian yang berasal dari dan telah dikembangkan oleh berbagai
bidang pengetahuan keahlian yang tergolong dalam Pengetahuan Budaya.
Definisi tentang Budaya :
Pengetahuan Budaya (the Humanities) adalah pengetahuan
yang mencakupkeahlian (Disiplin) seni dan filsafat. Keahlian ini dapat dibagi
lagi dalam keahlian-keahlian lain, seperti seni saastra, seni tari, seni musik,
seni rupa, dan lain-lain.
Ilmu Budaya Dasar merupakan mata kuliah Berkehidupan
Bermasyarakat dengan visi “Berkembangnya Mahasiswa sebagai manusia terpelajar
yang kritis, peka dan arif dalam memahami keberagaman, kesetaraan, dan
kemartabatan manusia yang dilandasi nilai-nilai estetika, etika, dan moral
dalam kehidupan bermasyarakat.”
Ilmu Budaya Dasar bukanlah suatu disiplinilmu yang
berdiri sendiri, melainkan, suatu rangkaian pengetahuan mengenai aspek-aspek
yang paling dasar dalam yang ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial
yang berbudaya.
4.
Kedudukan IBD dengan pengetahuan budaya
Dasar Formal bagi diberikannya Ilmu Budaya Dasar (IBD) kepada
mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesiaa adalah SK Dirjen Pendidikan
Tinggi Depdikbud No.32/DJ/Kep/1983. Tujuan yang ingin dicapai adalah menjadikan
kepribadian serta memperluas wawasan, perhatian, pengetahuan, pemikiran
mengenai pelbagai gejala yang ada dan timbul dalam lingkungan. Gejala yang
dimaksud meliputi Kebudayaan dan Kemanusiaan. Tujuan akhir dari IBD adalah
meningkatkan kualitas individual yang secara moral, etis, dan intelektual dapat
dipertanggungjawabkan, sehingga output yang lebih luas, seperti logika,
respons, dan lingkungan budaya dapat diperhalus. Kedudukan Ilmu Budaya Dasar
dalam pengelompokkan mata Kuliah Dasar Umum (MKDU). Hal itu termaktub dalam
rancangan Peraturan Pemerintah nomor 5 tahun 1980, SK Menteri Penddidikan dan
Kebudayaan no. 0174/O/1983, dan kesepakatan konsorsium ilmu-ilmu sosial.
5.
Tujuan IBD
Tujuan Ilmu Budaya Dasar (IBD) ialah
mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan berfikirnya,
baik yang menyangkut diri sendiri maupun yang menyangkut orang lain dan alam
sekitarnya.
Untuk menjangkau tujuan tersebut, Ilmu Budaya Dasar (IBD)
diharapkan dapat :
1. Menajamkan kepekaan
mahasiswa terhadap lingkungan Budaya, sehingga mereka mampu menyesuaikan diri
dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
2. Memberi kesempatan
kepada mahasiswa untuk memperluas pandangan mereka tentag masalah kemanusiaan
dan budaya, era mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan
yang menyangkut kemanusiaan dan budaya.
3. Mengusahakan agar
para Mahasiswa, contoh pemimpin bangsa dan ahli di dalam bidang disiplin ilmu
masing-masing, tidak jatuh dalam sifat-sifat kedaerahan dan perkotaan yang
disiplin ketat.
4. Mengusahakan wahana
komunikasi para akademisi kita agar mereka mampu berdialog satu sama lainnya.
Dengan memilki bekal yang sama, para akademisi diharapkan lebih lancar dalam
berkomusikasi. Kalau cara berkomunikasinya sudah baik, langkah selanjutnya adalah
memperlancar pelaksanaan pembangunan dalam berbagai bidang keahlian.
Dapatlah diperinci secara singkat bahwa tujuan Ilmu
Budaya Dasar ialah :
1. Menjadikan
Mahasiswa lebih peka dan terbuka terhadap masalah-masalah kemanusiaan dan
budaya, serta lebih bertanggung jawab terhadap masalah-masalah tersebut
2. Menyadarkan
Mahasiswa terhadap nilai-nilai yang ada dalam kehidupan masyarakat,
hormat-menghormati serta memilki simpati pada nilai-nilai lain yang hidup di
masyarakat.
3. Mengembangkan daya
kritis terhadap persoalan kemanusiaan dan daya kebudayaan.
4. Menambah kemampuan
Mahasiswa untuk menggapai masalah nilai budaya dalam masyarakat Indonesia dan
dunia ytanpa harus terpikat oleh disiplin mereka.
5. Mahasiswa mampu
memenuhi tuntutan masyarakat yang sedang membangun.
6. Memenuhi tuntutan
dari Tridarma Pergurua Tinggi, khususnya darma pendidikan.
Pendapat
lain :
Penyajian IBD tidak lain merupakan usaha yang di harapkan
dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep
yang di kembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
Untuk menjangkau tujuan tersebut, IBD dapat di harapkan agar :
1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa agar dapat memperluas pandangan mereka dan agar meraka dapat berfikir kritis.
3. Mengusahakan agar mahasiswa tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotaan disiplin yang ketat.
4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.
Untuk menjangkau tujuan tersebut, IBD dapat di harapkan agar :
1. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, agar lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru.
2. Memberi kesempatan kepada mahasiswa agar dapat memperluas pandangan mereka dan agar meraka dapat berfikir kritis.
3. Mengusahakan agar mahasiswa tidak jatuh ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotaan disiplin yang ketat.
4. Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain.
6.
Masalah-masalah dalam IBD
1.
Bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku bangsa dengan
segala keanekaragaman budaya yang tercermindalam berbagai aspek kebudayaannya.
2. Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak positif dan negatif.
3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budaya nya, sehingga manusia binggung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya.
2. Proses pembangunan yang sedang berlangsung dan terus menerus menimbulkan dampak positif dan negatif.
3. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menimbulkan perubahan kondisi kehidupan manusia, menimbulkan konflik dengan tata nilai budaya nya, sehingga manusia binggung sendiri terhadap kemajuan yang telah diciptakannya.
7. Pokok bahasan
dalam IBD
Pengkajian
manusia menjadi objek utama dalam mata kuliah ini. Bagaimana hubungan
manusia dengan alam, dengan sesama manusia, dirinya sendiri, nilai-nilai moral dan
bagaimana pula hubungan manusia dengan Tuhan menjadi tema sentral dalam Ilmu
Budaya Dasar. Berikut adalah delapan pokok bahasan Ilmu Budaya dasar yang akan
dikembangkan, antara lain :








Kedelapan pokok
bahasan itu termasuk dalam karya-karya yang tercakup dalam pengetahuan budaya.
Perwujudan mengenai cinta, misalnya, terdapat dalam karya sastra, tarian,
musik, filsafat, lukisan, patung dan sebagainya. Masing-masing pokok bahasan
dapat didekati dengan baik menggunakan cabang-cabang pengetahuan budaya secara
sendiri-sendiri maupun secara gabungan cabang-cabang tersebut. Pokok bahasan
manusia dan cinta kasih misalnya, dapat didekati dengan menggunakan karya seni
sastra, atau filsafat atau seni tari dan sebaginya.
No comments:
Post a Comment